Memahami
perbedaan antara nilai buku dan nilai pasar adalah komponen sederhana
namun fundamental penting dari setiap upaya untuk menganalisis sebuah
perusahaan untuk investasi. Setelah
semua, ketika Anda berinvestasi dalam bentuk saham atau seluruh bisnis,
Anda ingin tahu Anda membayar harga yang masuk akal.
Nilai Buku harfiah berarti nilai bisnis menurut "buku" atau laporan keuangan. Dalam kasus ini, nilai buku dihitung dari neraca , dan itu adalah perbedaan antara total aset perusahaan dan jumlah kewajiban. Catatan bahwa ini juga merupakan istilah untuk ekuitas. Sebagai contoh, jika Perusahaan XYZ memiliki total aset sebesar $ 100 juta dan total kewajiban sebesar $ 80 juta, maka nilai buku perusahaan adalah $ 20 juta. Dalam arti yang sangat luas, ini berarti bahwa jika perusahaan menjual aset-asetnya dan membayar kewajibannya turun, nilai ekuitas atau kekayaan bersih bisnis, akan menjadi $ 20 juta.
Nilai Pasar adalah nilai perusahaan sesuai dengan pasar saham. Nilai pasar dihitung dengan mengalikan perusahaan saham yang beredar dengan harga pasar saat ini. Jika Perusahaan XYZ memiliki 1 juta saham yang beredar dan setiap saham perdagangan sebesar $ 50, maka nilai pasar perusahaan adalah $ 50 juta. Nilai pasar yang paling sering analis nomor, surat kabar dan investor lihat ketika mereka menyebutkan nilai bisnis.
Implikasi Setiap
Nilai buku hanya berarti nilai perusahaan dalam pembukuannya, sering disebut sebagai nilai akuntansi. Ini adalah nilai akuntansi setelah aset dan kewajiban telah diperhitungkan oleh auditor perusahaan. Apakah nilai buku adalah penilaian yang akurat tentang nilai perusahaan ditentukan oleh investor pasar saham yang membeli dan menjual saham. Nilai pasar memiliki implikasi lebih bermakna dalam arti bahwa itu adalah harga yang Anda harus membayar untuk memiliki bagian dari bisnis terlepas dari apa nilai buku dinyatakan.
Seperti yang Anda lihat dari contoh fiktif kami dari Perusahaan XYZ di atas, nilai pasar dan nilai buku berbeda secara substansial. Dalam pasar keuangan yang sebenarnya , Anda akan menemukan bahwa nilai buku dan nilai pasar berbeda sebagian besar waktu. Selisih antara nilai pasar dan nilai buku dapat bergantung pada berbagai faktor seperti industri perusahaan, sifat aset dan kewajiban perusahaan, dan atribut spesifik perusahaan. Ada tiga generalisasi dasar tentang hubungan antara nilai buku dan nilai pasar:
P / B Ratio = Harga Saham / Nilai Buku Per Saham
(Di mana Nilai Buku Per Saham sama dengan ekuitas dibagi dengan jumlah saham beredar)
Jadi suatu hari, sebuah perusahaan dapat memiliki P / B dari 1, yang berarti bahwa BV dan MV adalah sama. Keesokan harinya, harga pasar turun dan P / B ratio kurang dari 1, berarti nilai pasar kurang dari nilai buku. Hari berikutnya membesarkan harga pasar yang lebih tinggi dan menciptakan rasio P / B lebih besar dari 1, berarti nilai pasar sekarang melebihi nilai buku. Untuk investor, apakah P / B ratio adalah 0,95, 1 atau 1,1, perdagangan saham pokok pada nilai buku. Dengan kata lain, P / B menjadi lebih bermakna semakin besar jumlahnya berbeda dari 1. Untuk nilai-mencari investor, sebuah perusahaan yang diperdagangkan untuk rasio P / B 0,5 menyiratkan bahwa nilai pasar adalah setengah dari nilai buku menyatakan perusahaan. Dengan kata lain, pasar penjualan Anda setiap $ 1 dari aktiva bersih (aktiva bersih = aktiva - kewajiban) untuk 50 sen. Semua orang suka membeli barang-barang yang dijual, kan?
Yang Nilai Penawaran Nilai Lebih?
Jadi yang metrik - nilai buku atau nilai pasar - lebih dapat diandalkan? Itu tergantung. Memahami mengapa dibuat lebih mudah dengan melihat beberapa perusahaan terkenal.
Coca-Cola (NYSE: KO ):
The Coca-Cola Co secara historis diperdagangkan pada rasio P / B dari 4 sampai 5. Ini berarti bahwa nilai pasar Coca-Cola biasanya telah 4 sampai 5 kali lebih besar dari menyatakan nilai buku seperti terlihat pada neraca . Dengan kata lain, pasar nilai bisnis perusahaan sebagai signifikan senilai lebih dari nilai perusahaan dalam pembukuannya. Anda hanya perlu melihat laporan laba rugi Coca-Cola untuk memahami mengapa. Coca-Cola adalah perusahaan yang sangat menguntungkan. Its net profit margin melebihi 15%. Dengan kata lain, itu membuat setidaknya 15 sen keuntungan dari setiap dolar penjualan. Takeaway adalah bahwa Coca-Cola memiliki aset yang sangat berharga - merek, saluran distribusi, minuman - yang memungkinkan perusahaan untuk membuat banyak uang setiap tahun. Karena aset tersebut sangat berharga, pasar menghargai mereka jauh lebih banyak daripada apa yang mereka dinyatakan sebagai layak dari sudut pandang akuntansi.
Cara lain untuk memahami mengapa pasar mungkin memberikan nilai yang lebih tinggi daripada buku lain adalah untuk memahami bahwa nilai buku belum tentu nilai yang akurat dari nilai bersih perusahaan. Nilai buku adalah nilai akuntansi, yang tunduk pada banyak aturan seperti penyusutan yang mewajibkan perusahaan untuk menuliskan nilai aset tertentu. Tetapi jika aset tersebut secara konsisten menghasilkan keuntungan yang lebih besar, maka pasar memahami bahwa aset tersebut benar-benar bernilai lebih dari apa aturan akuntansi mendikte. Perusahaan berkualitas tinggi lainnya seperti Johnson & Johnson (NYSE: JNJ ), Pepsi (NYSE: PEP ) dan Procter and Gamble (NYSE: PG ) juga akan memiliki nilai pasar jauh lebih besar dari nilai buku.
Wells Fargo (NYSE: WFC ):
Wells Fargo merupakan salah satu bank tertua dan terbesar di Amerika Serikat ini biasanya perdagangan untuk P / B dari 1, memberi atau mengambil beberapa persen. Dengan kata lain, pasar nilai Wells Fargo di atau dekat dengan nilai bukunya. Alasan di sini adalah sederhana, dan itu dijelaskan oleh industri Wells Fargo beroperasi masuk Keuangan perusahaan memiliki aset yang terdiri dari pinjaman, investasi, kas dan sekuritas keuangan lainnya. Karena aset tersebut terbuat dari dolar, mudah untuk menghargai mereka: dolar bernilai dolar. Tentu saja kita tahu bahwa beberapa aset keuangan bisa lebih baik daripada yang lain, misalnya, pinjaman yang baik versus pinjaman yang buruk . Suatu pinjaman yang baik adalah salah satu yang dibayar penuh dan bank recoups 100 sen dolar. Suatu pinjaman yang buruk dapat menempel bank dengan kerugian dan menutup 50 sen dolar. Itu sebabnya setiap kali bank mengalami krisis keuangan, seperti yang kita lihat dalam krisis subprime pada tahun 2008, nilai pasar kecelakaan mereka di bawah nilai buku. Pasar kehilangan iman dalam nilai aset tersebut.
Di sisi lain, lembaga keuangan seperti American Express (NYSE: AXP ), yang memiliki sejarah panjang memperluas keluar kredit yang baik, akan diperdagangkan dengan premi sederhana terhadap nilai buku. Bank yang pasar dilihat sebagai telah membuat keputusan kredit yang buruk akan diperdagangkan di bawah buku. Tapi secara umum, Anda tidak akan melihat perdagangan bank untuk kelipatan nilai buku seperti Anda akan melihat di Coca-Cola karena sifat aset.
Ketika The Nilai Cetakan
Untuk menentukan bagaimana nilai buku berhubungan dengan nilai pasar, melihat pendapatan yang dihasilkan oleh aset perusahaan. Sebuah perusahaan daripada yang dapat menghasilkan tingkat pendapatan yang relatif tinggi dari asetnya biasanya akan memiliki nilai pasar yang jauh lebih tinggi dari nilai bukunya. Ini disebut perusahaan pengembalian aset , atau ROA. ROA Coca-Cola biasanya sekitar 7% sampai 8%. Ini berarti setiap dolar aset Coke menghasilkan 7 sampai 8 sen dari keuntungan. Wells Fargo memiliki ROA dari 1% sampai 2%, mendapatkan 1 sampai 2 sen dari setiap dolar aset. Karena aset Coca-Cola menghasilkan lebih banyak keuntungan per dolar, asetnya akan dihargai jauh lebih tinggi di pasar. Apa ini juga berarti bahwa dalam kasus perusahaan seperti Coca-Cola, nilai buku ini tidak bermakna seperti itu akan bagi perusahaan seperti Wells Fargo.
The Bottom Line
Nilai buku, seperti hampir semua metrik keuangan lainnya, memiliki kegunaannya. Tapi seperti yang sering terjadi dengan metrik keuangan, utilitas nyata datang dari memahami keunggulan dan keterbatasan nilai buku. Seorang investor harus menggunakan pemahaman bahwa untuk menentukan kapan nilai buku harus digunakan, dan kapan harus diabaikan dalam mendukung parameter bermakna lain ketika menganalisis sebuah perusahaan .
Nilai Buku harfiah berarti nilai bisnis menurut "buku" atau laporan keuangan. Dalam kasus ini, nilai buku dihitung dari neraca , dan itu adalah perbedaan antara total aset perusahaan dan jumlah kewajiban. Catatan bahwa ini juga merupakan istilah untuk ekuitas. Sebagai contoh, jika Perusahaan XYZ memiliki total aset sebesar $ 100 juta dan total kewajiban sebesar $ 80 juta, maka nilai buku perusahaan adalah $ 20 juta. Dalam arti yang sangat luas, ini berarti bahwa jika perusahaan menjual aset-asetnya dan membayar kewajibannya turun, nilai ekuitas atau kekayaan bersih bisnis, akan menjadi $ 20 juta.
Nilai Pasar adalah nilai perusahaan sesuai dengan pasar saham. Nilai pasar dihitung dengan mengalikan perusahaan saham yang beredar dengan harga pasar saat ini. Jika Perusahaan XYZ memiliki 1 juta saham yang beredar dan setiap saham perdagangan sebesar $ 50, maka nilai pasar perusahaan adalah $ 50 juta. Nilai pasar yang paling sering analis nomor, surat kabar dan investor lihat ketika mereka menyebutkan nilai bisnis.
Implikasi Setiap
Nilai buku hanya berarti nilai perusahaan dalam pembukuannya, sering disebut sebagai nilai akuntansi. Ini adalah nilai akuntansi setelah aset dan kewajiban telah diperhitungkan oleh auditor perusahaan. Apakah nilai buku adalah penilaian yang akurat tentang nilai perusahaan ditentukan oleh investor pasar saham yang membeli dan menjual saham. Nilai pasar memiliki implikasi lebih bermakna dalam arti bahwa itu adalah harga yang Anda harus membayar untuk memiliki bagian dari bisnis terlepas dari apa nilai buku dinyatakan.
Seperti yang Anda lihat dari contoh fiktif kami dari Perusahaan XYZ di atas, nilai pasar dan nilai buku berbeda secara substansial. Dalam pasar keuangan yang sebenarnya , Anda akan menemukan bahwa nilai buku dan nilai pasar berbeda sebagian besar waktu. Selisih antara nilai pasar dan nilai buku dapat bergantung pada berbagai faktor seperti industri perusahaan, sifat aset dan kewajiban perusahaan, dan atribut spesifik perusahaan. Ada tiga generalisasi dasar tentang hubungan antara nilai buku dan nilai pasar:
- Nilai Buku Lebih Besar daripada Nilai Pasar: Pasar keuangan nilai perusahaan selama kurang dari nilai dinyatakan atau kekayaan bersih. Ketika hal ini terjadi, itu biasanya karena pasar telah kehilangan kepercayaan dalam kemampuan aset perusahaan untuk menghasilkan keuntungan masa depan dan arus kas . Dengan kata lain, pasar tidak percaya bahwa perusahaan bernilai nilai dalam pembukuannya. investor Nilai sering ingin mencari perusahaan dalam kategori ini dengan harapan bahwa persepsi pasar ternyata tidak benar. Setelah semua, pasar memberikan Anda kesempatan untuk membeli sebuah bisnis untuk kurang dari kekayaan bersih yang dinyatakannya.
- Nilai Pasar Besar Daripada Nilai Buku: Pasar memberikan nilai yang lebih tinggi kepada perusahaan karena kekuatan laba aset perusahaan. Hampir semua perusahaan konsisten menguntungkan akan memiliki nilai pasar lebih besar dari nilai buku.
- Nilai Buku Setara Nilai Pasar: Pasar melihat ada alasan kuat untuk percaya aset perusahaan lebih baik atau lebih buruk daripada apa yang dinyatakan pada neraca.
P / B Ratio = Harga Saham / Nilai Buku Per Saham
(Di mana Nilai Buku Per Saham sama dengan ekuitas dibagi dengan jumlah saham beredar)
Jadi suatu hari, sebuah perusahaan dapat memiliki P / B dari 1, yang berarti bahwa BV dan MV adalah sama. Keesokan harinya, harga pasar turun dan P / B ratio kurang dari 1, berarti nilai pasar kurang dari nilai buku. Hari berikutnya membesarkan harga pasar yang lebih tinggi dan menciptakan rasio P / B lebih besar dari 1, berarti nilai pasar sekarang melebihi nilai buku. Untuk investor, apakah P / B ratio adalah 0,95, 1 atau 1,1, perdagangan saham pokok pada nilai buku. Dengan kata lain, P / B menjadi lebih bermakna semakin besar jumlahnya berbeda dari 1. Untuk nilai-mencari investor, sebuah perusahaan yang diperdagangkan untuk rasio P / B 0,5 menyiratkan bahwa nilai pasar adalah setengah dari nilai buku menyatakan perusahaan. Dengan kata lain, pasar penjualan Anda setiap $ 1 dari aktiva bersih (aktiva bersih = aktiva - kewajiban) untuk 50 sen. Semua orang suka membeli barang-barang yang dijual, kan?
Yang Nilai Penawaran Nilai Lebih?
Jadi yang metrik - nilai buku atau nilai pasar - lebih dapat diandalkan? Itu tergantung. Memahami mengapa dibuat lebih mudah dengan melihat beberapa perusahaan terkenal.
Coca-Cola (NYSE: KO ):
The Coca-Cola Co secara historis diperdagangkan pada rasio P / B dari 4 sampai 5. Ini berarti bahwa nilai pasar Coca-Cola biasanya telah 4 sampai 5 kali lebih besar dari menyatakan nilai buku seperti terlihat pada neraca . Dengan kata lain, pasar nilai bisnis perusahaan sebagai signifikan senilai lebih dari nilai perusahaan dalam pembukuannya. Anda hanya perlu melihat laporan laba rugi Coca-Cola untuk memahami mengapa. Coca-Cola adalah perusahaan yang sangat menguntungkan. Its net profit margin melebihi 15%. Dengan kata lain, itu membuat setidaknya 15 sen keuntungan dari setiap dolar penjualan. Takeaway adalah bahwa Coca-Cola memiliki aset yang sangat berharga - merek, saluran distribusi, minuman - yang memungkinkan perusahaan untuk membuat banyak uang setiap tahun. Karena aset tersebut sangat berharga, pasar menghargai mereka jauh lebih banyak daripada apa yang mereka dinyatakan sebagai layak dari sudut pandang akuntansi.
Cara lain untuk memahami mengapa pasar mungkin memberikan nilai yang lebih tinggi daripada buku lain adalah untuk memahami bahwa nilai buku belum tentu nilai yang akurat dari nilai bersih perusahaan. Nilai buku adalah nilai akuntansi, yang tunduk pada banyak aturan seperti penyusutan yang mewajibkan perusahaan untuk menuliskan nilai aset tertentu. Tetapi jika aset tersebut secara konsisten menghasilkan keuntungan yang lebih besar, maka pasar memahami bahwa aset tersebut benar-benar bernilai lebih dari apa aturan akuntansi mendikte. Perusahaan berkualitas tinggi lainnya seperti Johnson & Johnson (NYSE: JNJ ), Pepsi (NYSE: PEP ) dan Procter and Gamble (NYSE: PG ) juga akan memiliki nilai pasar jauh lebih besar dari nilai buku.
Wells Fargo (NYSE: WFC ):
Wells Fargo merupakan salah satu bank tertua dan terbesar di Amerika Serikat ini biasanya perdagangan untuk P / B dari 1, memberi atau mengambil beberapa persen. Dengan kata lain, pasar nilai Wells Fargo di atau dekat dengan nilai bukunya. Alasan di sini adalah sederhana, dan itu dijelaskan oleh industri Wells Fargo beroperasi masuk Keuangan perusahaan memiliki aset yang terdiri dari pinjaman, investasi, kas dan sekuritas keuangan lainnya. Karena aset tersebut terbuat dari dolar, mudah untuk menghargai mereka: dolar bernilai dolar. Tentu saja kita tahu bahwa beberapa aset keuangan bisa lebih baik daripada yang lain, misalnya, pinjaman yang baik versus pinjaman yang buruk . Suatu pinjaman yang baik adalah salah satu yang dibayar penuh dan bank recoups 100 sen dolar. Suatu pinjaman yang buruk dapat menempel bank dengan kerugian dan menutup 50 sen dolar. Itu sebabnya setiap kali bank mengalami krisis keuangan, seperti yang kita lihat dalam krisis subprime pada tahun 2008, nilai pasar kecelakaan mereka di bawah nilai buku. Pasar kehilangan iman dalam nilai aset tersebut.
Di sisi lain, lembaga keuangan seperti American Express (NYSE: AXP ), yang memiliki sejarah panjang memperluas keluar kredit yang baik, akan diperdagangkan dengan premi sederhana terhadap nilai buku. Bank yang pasar dilihat sebagai telah membuat keputusan kredit yang buruk akan diperdagangkan di bawah buku. Tapi secara umum, Anda tidak akan melihat perdagangan bank untuk kelipatan nilai buku seperti Anda akan melihat di Coca-Cola karena sifat aset.
Ketika The Nilai Cetakan
Untuk menentukan bagaimana nilai buku berhubungan dengan nilai pasar, melihat pendapatan yang dihasilkan oleh aset perusahaan. Sebuah perusahaan daripada yang dapat menghasilkan tingkat pendapatan yang relatif tinggi dari asetnya biasanya akan memiliki nilai pasar yang jauh lebih tinggi dari nilai bukunya. Ini disebut perusahaan pengembalian aset , atau ROA. ROA Coca-Cola biasanya sekitar 7% sampai 8%. Ini berarti setiap dolar aset Coke menghasilkan 7 sampai 8 sen dari keuntungan. Wells Fargo memiliki ROA dari 1% sampai 2%, mendapatkan 1 sampai 2 sen dari setiap dolar aset. Karena aset Coca-Cola menghasilkan lebih banyak keuntungan per dolar, asetnya akan dihargai jauh lebih tinggi di pasar. Apa ini juga berarti bahwa dalam kasus perusahaan seperti Coca-Cola, nilai buku ini tidak bermakna seperti itu akan bagi perusahaan seperti Wells Fargo.
The Bottom Line
Nilai buku, seperti hampir semua metrik keuangan lainnya, memiliki kegunaannya. Tapi seperti yang sering terjadi dengan metrik keuangan, utilitas nyata datang dari memahami keunggulan dan keterbatasan nilai buku. Seorang investor harus menggunakan pemahaman bahwa untuk menentukan kapan nilai buku harus digunakan, dan kapan harus diabaikan dalam mendukung parameter bermakna lain ketika menganalisis sebuah perusahaan .
Post a Comment
Write You comment here! Please...